Senin, 07 Maret 2011

TEMBANG MACAPAT DAN PENJELASANNYA

Tembang macapat merupakan tembang berasal dari kata “mocone papat papat” (membacanya empat empat), didalam tembang Macapat tersebut dibagi menjadi beberapa jenis nama tembang yang menyiratkan sandi didalam nama jenis tembang macapat tersebut, berbagai tafsir nama nama jenis tembang macapat ternyata sangat beragam, mungkin hal ini sangat tergantung dari kemampuan daya tafsir dari penafsir arti nama tembang tembang tersebut…. dan sepertinya terpengaruh dari pergolakan sejarah dari budaya yang berada di tanah jawa…. Berbagai tafsir atas nama nama jenis tembang Macapat yang dapat saya kumpulkan sebagai berikut :

1. Maskumambang
memvisualisasikan “jabang bayi” yang masih ada di dalam kandungan ibunya, masih belum kelihatan jenis kelaminnya (bisa lelaki atau perempuan), “kumambang” mengandung arti hidupnya mengabang didalam perut ibunda nya.


2. Mijil
artinya sebuah kelahiran dari dalam perut ibunda nya, sudah jelas terlihat jenis kelaminnya.

MIJIL
SLENDRO MANYURA

3 3 5 6 6 6 6 6 6 . 5 6 . 1
nak a nak ku ku du di pun e - ling
1 1 1 1 1 . 2 1 . 6
ywa ting gre was pa os
1 2 3 1 . 2 6 3 3 3
a- keh jan - ma nge- moh- i a-
3 5 3 2 . 1
da - te
1 2 1 3 2 1 1 1 1 1
e- nak e- nak ni- ru a dat a- sing
2 3 3 3 3 . 5 3
a- dat- nya pri- ba- di
2 2 1 3 1 . 2 1 . 6
tu- hu lu- wih lu - hung

3. Kinanthi
berasal dari kata “kanthi” atau tuntunan yang berarti di tuntun supaya bisa berjalan dalam kehidupan di alam dunia.

KINANTHI
SLENDRO SANGA

5 6 1 2 2 2 2 2
wa- jib- e ka- wu- la i - ku
1 1 1 1 2 2 6 1 . 6
pa- dha a- sung dar- ma bek- ti
5 6 1 1 1 1 1 . 2 6 . 1
tum- rap ma- rang nu- swa bang- sa
6 5 5 5 2 2 1 6 1 1
me- ma- yu har- ja- ning na- gri
3 5 5 5 5 5 5 . 3 5
go- tong ro- yong be- ba- reng- an
2 2 2 2 2 3 2 . 5 5
a- ywa a- na ing kang ke- ri


4. Sinom
berarti “kanoman” (kemudaan/usia muda), berarti adalah waktu luang pada masa muda untuk menimba ilmu sebanyak banyaknya.

SINOM
PELOG NEM

2 3 5 5 5 5 5 5
ju– mle– gur swa– ra ngu- man- dhang
5 6 1 1 5 5 6 6
wra- ta sa- in dhe- nging bu- mi
5 6 6 6 5 3 3 2 . 1
pro- kla- ma- si ka- mar- dhi- kan
1 1 1 2 1 6 5 6
nu- san- ta- ra kang man- dhi- ri
6 1 2 2 2 1 2 . 3
ing ja- kar- ta ka- ti- ti
1 1 1 1 1 2 2 2
ping pi- tu- las wu- lan wo- lu
6 1 1 1 1 1 1
won- de- ne ing kang war- sa
1 1 1 2 1 6 5 6
se- wu sa- ngang a- tus lu- wih
6 1 2 3 2 2 1 6 1
pa- tang pu- luh li- ma ka- la ning
1 1 . 2 2
se- ma- na

5. Asmaradana
berarti perasaan asmara/cinta, perasaan saling menyukai yang sudah menjadi kodrat ilahi (perasaan lelaki dan perempuan atau sebaliknya).

ASMARANDANA
PELOG BARANG

6 7 2 3 3 3 3 3
pa- ra pu- tra a- ja la- li
3 5 6 6 6 6 . 5 6 7
mring pi- wu- lang war- na war- na
3 2 7 6 7 2 3 . 2 7
si- na- u- nen ka- beh wa - e
7 2 3 2 7 6 5 6 7
ma- ca nu- lis ba- sa ni- ra
6 5 6 3 2 3 2 7 6
kri- dha lan o- lar ra - ga
7 2 3 6 7 2 3 2 7
o- lah bek- sa nem- bang ki- dung
7 2 2 2 2 2 3 2 7 6
pi wu- lang ka- beh ga- tek – na


6. Gambuh
berasala dari kata “jumbuh/sarujuk” (cocok) yang berarti sudah cocok kemudian dipertemukan antara pria dan wanita yang sudah memiliki perasaan asmara, agar menjadikan sebuah pernikahan.

GAMBUH
SLENDRO MANYURA

6 7 2 3 2 7 2 . 3
o- lah ra- ga pu ni ku
3 2 7 6 6 7 2 2 7
weh ku- wa- ting o- tot lan be- ba-
2 . 3
yu
6 5 3 5 . 6 6 6 6 6 7
ba- dan wa- ras da- tan na- te nan-
5 3 2
dhang sa- kit
5 6 6 6 7 5 6 7
ham- but kar- ya bi- sa seng- kut
7 2 3 2 7 6 . 7 5 . 6 6
da- tan kra- sa la mun a- bot


7. Dhandhanggula
menggambarkan hidup orang tersebut sedang merasa senang senang nya, apa yang dicita citakan bisa tercapai, bisa memiliki keluarga, mempunyai keturunan, hidup berkecukupan untuk sekeluarga. Sebab itu dia merasa bergemira hatinya, bisa disebut lagu “dandhanggula”.

DHANDHANGGULA
SLENDRO SANGA

2 5 6 6 6 1 2 2 2 2
no- ra a- na bang- sa ing sa- bu- mi
2 2 1 1 1 1 1 1 1
da- lan tres- na ma- rang ka- bu- da-
1 . 6
yan
5 6 6 6 6 6 6 . 1 6 . 5
mi- wah ka- gu- na- ne dhe- we
6 1 2 1 6 1 . 6 5 6 1
mi- la swa- wi a- mun- juk
6 6 1 . 6 5 2 2 2 2
so- kur ma- ring Hyang Ma- ha
2 3 2 1 . 6
wi- dhi
6 1 1 1 1 1 1
de- ka- bu- da- yan ki- ta
1 6 1 2 . 3 1 . 6 . 5
ma- sih pe- pak u – tuh
2 2 2 2 2 2 2 2
sun pra- su- di mrih me- kar- a
5 3 2 1 6 6 6 6 6
lan sam- pur- na lu- hur ka- bu- da-
1 2 2
yan ma- mi
1 1 1 6 2 1 6 5 6 1
yen kong si mu- sak sir- na

8. Durma
berasal dari kata “darma/weweh” (berdarma/memberikan sumbangan). Bila orang sudah merasa berkecukupan maka kemudian timbul rasa welas asihnya kepada sesama yang sedang ada masalah, sebab itu kemudian tibul persaan iba dan ingin memberikan sumbangan kepada semua, sebab itu memang sudah menjadi watak manusia yang ingin selalu berderma akibat dari welas asih hatinya.

DURMA
PELOG BARANG

3 5 6 7 7 7 7 7 6
pa- ra mu- dha wa- jib- mu pa- dha
6 7 5 3 . 2
es- tok- na
2 3 5 5 5 5 7 6 5
a- ja ma- lang tu- mo- leh
2 3 2 7 5 . 6 6
si- na- u kang gi- yat
5 6 6 6 6 6 5 . 6
a- ja pa- dha ke- re- ngan
6 7 2 2 2 2 2 . 3 2 . 3
yen wis ta- mat lan mum- pu- ni
5 6 7 5 3 . 2
nul- ya tan- jak na
2 3 5 5 5 6 7 6 5
kang- go bang- sa lan na- gri

9. Pangkur
”pangkur” berasal dari kata “mungkur” (mundur) yang berarti sudah memundurkan semua hawa napsunya, yang dipikirkan hanya berdarma kepada sesama mahluk.

PANGKUR
PELOG LIMA

3 5 5 5 3 3 3 3
Ku- mle- bet de ning ma- ru- ta-
3 5 6 5 3 1 1 1 1
nga- we a- we gen- de- ra Sang Dwi
1 1
War- ni
5 6 1 1 1 1 2 . 3 2
a- kar- ya mong- kog ing kal bu
6 5 5 5 5 5 . 4 4 . 5
gen- de- ra Sang Dwi war - na
5 5 5 6 5 3 1 1
mang- ka lam- bang na- gri Nu- san-
1 2 1 2 3 3
ta- ra tu- hu
6 1 1 1 1 1 1 1
ji- na- ga Kan- thi toh- ji- wa
1 2 3 1 2 3 3 . 2 1
da- tan kem- ba si- ang ra tri

10.Megatruh
berasal dari kata “megat roh” (melepaskan roh), roh atau nyawa sudah lepas dari badan jasadnya sebab sudah waktunya kembali ke tempat yang telah digariskan oleh Hyang Maha Kuasa.

MEGATRUH
PELOG BARANG

7 5 6 7 7 6 7 5 5
a – ja mun – dur la – mun si – ra du–
5 . 3 5 6 . 7
rung a - jar
7 7 7 7 6 6 . 5 6 7 . 6 5
da– di a– mun a – mun sa - mi
2 3 5 5 5 6 6 . 7 6
yen si- ra ka- ce- kel mung- suh
5 3 2 2 3 5 . 6 2 3.2 7
sing te- tep san- to- sing bu - di
5 5 3 2 3 5 . 6 2 3 . 2
na- jan si- nek- sa ki - nro – yok

11.Pocung / Pucung
kalau sudah menjadi “lelayon”(mayat) badan jasad kemudian di pocong sebelum dikubur.


POCUNG
SLENDRO MANYURA

6 6 5 3 1 1 1 2 6
Ba- pak Po cung king wa– cu – cal mi–
6 5 3
yar mi- yur
1 2 6 3 2 1
mle-bet ne-ngen ngi- wa
1 2 1 3 2 1 2 . 1 6
sa- du- wa- ne mo- ri pu tih
6 1 2 3 2 2 1 6
yen lu- mam- pah ka- i- ring swan-
1 1 2 2
te- ning gang- sa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar